Zavilia.com, Kamera saat ini menjadi salah satu benda wajib yang tidak boleh ketinggalan untuk mengabadikan momen-momen penting. Memang saat ini sudah banyak bermunculan smartphone dengan spesifikasi kamera yang mumpuni. Namun rasanya masih kurang lengkap tanpa mengikutsertakan kamera digital maupun kamera action untuk menangkap potret-potret yang memorable. Salah satu kamera action yang banyak digunakan saat ini adalah camera Xiaomi Yi Action.

Jika Kamu senang berpetualang di alam bebas, kamera action menjadi pilihan yang tepat. Kamera action dirancang dengan ketahanan yang lebih kokoh saat digunakan untuk mengambil foto maupun video dalam kondisi ekstrem, baik saat di daratan maupun lokasi berair. Kamera action dirancang dengan cukup baik untuk menghadapi berbagai macam benturan atau air.

Sejak pertama kali diluncurkan, seri kamera action dari Xiaomi sudah mencuri perhatian. Hal ini karena selain dibanderol dengan harga yang murah, kamera action satu ini sudah cukup mumpuni untuk mengabadikan momen-momen selama berpetualang.

Xiaomi Yi Action
Xiaomi Yi Action

Tak heran jika permintaan kamera action dari Xiaomi ini cukup laris di pasaran. Bahkan Kamu juga cukup mudah untuk menemukannya di berbagai toko kamera maupun situs belanja online.

Bagi yang masih pemula, tentu melihat fisik camera Xiaomi Yi Action akan sedikit berbeda dengan jenis kamera pada umumnya. Bentuknya terbilang lebih mini dibandingkan dengan kamera pada umumnya.

Pada kamera action yang satu ini terdapat 3 tombol fisik yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Ketiga tombol tersebut, yaitu tombol power on/off, tombol Wifi/Bluetooth, dan tombol shutter. Untuk fungsi dan kegunaannya, berikut ini penjelasan lengkapnya:

Tombol power on/off

Untuk tombol power on/off pada Xiaomi Yi berada di bagian depan dan terdapat bentuk icon power. Letaknya persis berada di sebelah lensa kamera. Fungsinya untuk mematikan dan menghidupkan Xiaomi Yi (on/off). Selain itu juga berfungsi untuk mode foto dan video. Saat ditekan tombol power untuk menghidupkan, sesaat lampu akan berkedip. Setelah lampu selesai berkedip maka pertanda kamera sudah siap untuk digunakan. Dalam posisi standar, otomatis akan masuk mode foto.

Tombol Wifi/Bluetooth

Untuk tombol Wifi maupun Bluetooth terdapat di bagian samping kamera. Memiliki bentuk yang kecil dan terdapat icon menyerupai sinyal Wifi. Sesuai dengan namanya, tombol ini berfungsi untuk menghidupkan jaringan Wifi dan Bluetooth. Jika Kamu ingin melakukan reset pada Xiaomi Yi, Kamu bisa melakukannya dengan cara menekan tombol power dan tombol Wifi secara bersamaan, hingga berbunyi beep.

Tombol shutter

Untuk tombol shutter terdapat di bagian atas kamera. Sesuai dengan namanya tombol shutter rata-rata berada di posisi ini dengan bagian sampingnya ada LED kecil. Tombol shutter berfungsi untuk melakukan proses capture, record, dan stop record.

Yi Action
Yi Action

Camera Xiaomi Yi Action memang memiliki kelebihan pada bodynya yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis action cam lainnya. Dengan berat 72 gram, Xiaomi Yi memiliki kemampuan yang dapat dipergunakan untuk merekam di dalam air hingga kedalaman 40 meter. Namun untuk itu memerlukan tempat waterproof khusus terlebih dahulu agar bisa aman digunakan dalam air atau merekam sambil berenang.

Untuk merekam video secara nonstop, ketahanan baterainya mencapai 85 menit. Namun ini juga tidak pasti, karena tergantung juga dengan kondisi baterai dan features yang digunakan. Untuk merekam dalam kondisi yang tidak terduga, sangat disarankan untuk memiliki baterai cadangan. Karena ukuran standar baterai yang disematkan saat dibeli hanya 1100 mAh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here