Zavilia.com, Tinggal di daerah yang memiliki suhu udara panas memang tidak nyaman, namun hal tersebut bukan dapat di atasi jika kita memiliki sebuah AC. AC memang salah satu pendingin ruangan yang dapat di andalkan, oleh karena itu kita akan memberikan tips memilih AC yang terbaik agar AC awet dan tahan lama.

Membeli sebuah AC tidak boleh sembarangan, karena bisa saja AC yang kita beli akan cepat rusak. Jika sudah seperti itu pastinya kita harus mengeluarkan biaya ekstra, jadi sebaiknya kamu mengikuti tips dibawah ini agar kamu mendapatkan informasi yang bermanfaat sebelum membeli AC baru.

Pilihlah Yang Hemat Listrik

Untuk kamu yang baru menetap di wilayah jabodetabek tentunya persiapan pertama yaitu menyiapkan kebutuhan selama menetap disana. Kebutuhan paling utama bagi warga baru yaitu pendingin ruangan. Setiap kantor memang memiliki AC tersendiri, namun saat berada di rumah atau kosan kita perlu pendingin ruangan lain, karena jika tidak suhu ruangan akan panas dan membuat tidak nyaman.

Saat akan membeli AC baru sebaiknya lihat terlebih dahulu, AC tersebut hemat listrik atau boros. Gunakan yang biasa saja yang mampu mendinginkan ruangan dengan sesuai kebutuhan. Menghemat listrik memang sesuatu yang harus dilakukan mengingat kita perlu mengatur keuangan, apalagi jika berada di wilayah ibu kota.

Jangan Mudah Terpengaruh Dengan AC Murah

Banyak sekali AC murah, namun kita tidak tahu kualitas akan tahan lama atau tidak. Lihatlah harga pasaran dan rata-rata untuk AC dengan Brand yang sudah terpercaya.

Memesan Melalui Online

Pilihan terbaik saat ini yaitu memesan secara online melalui online shp terpercaya dan terbaik. Membeli secara online kita mendapat keuntungan lain yaitu potongan harga atau diskon yang cukup lumayan membantu.

Selanjutnya kita akan membahas cara merawat AC agar bertahan lama.

Gunakan Timer

Gunakan fitur timer saat menyalakan AC sehingga akan mati secara otomatis tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Setel waktu sesuai dengan kebutuhan kita. Sebaiknya AC dinyalakan maksimal 5 jam dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan mesin AC dingin kembali. Fitur timer juga menjaga AC tidak cepat rusak.

Tips memlih AC.
Tips memlih AC.

Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat AC cepat panas. Selain itu, suhu yang tepat untuk rumah yang nyaman yaitu 22 derajat. Suhu ruangan tersebut yang pas bagi iklim Indonesia

Mengatur suhu di bawah 22 derajat akan membuat mesin AC bekerja ekstra terus menerus dan menjadikan AC boros energi. Komponen-komponennya dipaksa bekerja keras setiap saatnya, dan malah menjadi AC lebih cepat rusak.

Ini merupakan kesalahan nomor satu hampir semua orang yang tidak paham dengan cara kerja AC. Kebanyakan pengguna AC menyetel suhu AC pada 16 agar cepat dingin tetapi ini salah.

Sebaiknya jangan tidur menggunakan selimut karena selimut akan menaikkan suhu yang sudah didinginkan dari AC. Jadi sebenarnya penggunaan selimut itu justru boros akan listrik. Harusnya dengan suhu stabil di 22-25 derajat.

Bersihkan Filter AC

Bersihkan filter AC ini secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlampau kotor kamu dapat mengganti filter baru. Debu yang terus menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC yang kamu miliki akan cepat rusak.

Tips memlih AC.
Tips memlih AC.

AC yang sudah kotor pada bagian terutama di bagian filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya ekstra untuk mencapai kondisi pendinginan yang ingin dicapai. Jika kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya kamu pakai dengan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin.

Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang seharusnya tidak perlu. Begitu pula dengan unit untuk outdoor, bila sudah kotor dan berdebu pembuangan panas akan tidak bisa maksimal. Sehingga kompresor lebih sering mati akibat terlalu panas, padahal suhu ruangan belum tercapai dengan nyaman.

Bersihkan Kumparan AC

Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga sering menumpuk pada bagian ini.

Debu yang menumpuk pada kumparan ini dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet karena debu yang terus menumpuk. Periksalah kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan.

Periksa Termostat

Periksa selalu termostat atau pengatur suhu, untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil.

Atur termostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang. Atau jika benar-benar tak ada orang di rumah kamu sebaiknya matikan AC.

Periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator pada bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang baik. Kamu bisa mengganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

Nah bagaimana mudah bukan dengan tips memilih AC terbaik dan dilanjutkan dengan cara merawatnya agar bisa bertahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here